[Khusus Orang Aceh] Berobat ke Penang is not a big deal

Bagi masyarakat Aceh, Kota Penang (red: pineng) terkenal dengan wisata kesehatannya. Banyak masyarakat Aceh yang berobat ke Penang karena banyak orang aceh tidak percaya dengan layanan kesehatan di Banda Aceh. Mungkin karena diagnosa dokter di Aceh beda-beda dari satu tempat dengan tempat lainnya. Atau biaya pengobatan yang katanya lebih mahal dibandingkan di Penang.

Disini aku mau berbagi tips tata cara berobat atau melakukan medical check up di Penang berdasarkan pengalamanku menemani Papa mertua awal bulan Juli kemarin.

Pertama, uang. Hal pertama yang dibutuhkan untuk berobat atau check up ke Penang adalah uang. Without money, nothing you can do. Gak punya uang, kamu harus bekerja. That’s it.

Kedua, membuat paspor. Caranya, lihat dulu persyaratan online, atau datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I – Banda Aceh. 

Kantor Imigrasi Kelas I – Banda Aceh

Alamat:

Jalan Tengku M. Daud Beureuh No. 82, Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 23373

Telepon: (0651) 23784 

Ketiga, membeli tiket pesawat.

Membeli tiket pesawat banda aceh – penang dan penang – banda aceh bisa dilakukan via agen atau beli via aplikasi traveloka.

Keempat, penginapan di Penang.

Don’t worry, masalah penginapan bisa cari di google atau di traveloka. Kalau orang aceh biasanya menginap di Mewah Court Apartment, yaa.. kayak Papa. dan berobat di Lam Wah Ee, karena rumah sakit yang dekat dengan penginapan. bisa jalan kaki.

Untuk menginap di Mewah Court Apartment, bisa langsung hubungi Pak Zaki. Bisa via telpon atau WhatsApp (WA). Nanti aku fotokan kartu nama pak zaki.

kartu nama Pak Zaki Atjeh

Kelima, menentukan rumah sakit.

Ada banyak rumah sakit di Penang. Ada Penang Adventist Hospital, Island Hospital, Lam Wah Ee Hospital dan banyak lagi. Tapi biasanya orang aceh perginya ke Lam Wah Ee Hospital. Katanya agak lebih murah. Tapi ada juga ibu temanku yang berobat di Island Hospital. Kalau papa sih kemarin ke Lam Wah Ee.

Keenam, tiba di Penang.

Untuk penjemputan dari Bandara ke Apartemen, biasanya Pak Zaki mempunyai rekomendasi sopir. Kayak kemarin kami direkomendasikan Pak Amir untuk antar-jemput kami. Pak Amir itu juga kasih nomor hape nya dan bersedia antar jemput ke tempat yang lain. Kemarin, Pak Amir  juga menawarkan untuk mengantar dari apartemen ke rumah sakit.

Untuk proses di dalam rumah sakit, aku kemarin gak ikutan. Tapi bisa baca di blog aya , teman aku.

 Sekian dulu tentang langkah-langkah berobat ke Penang, bagi orang aceh khususnya. semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *